BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penulisan
Di indonesia, kegiatan ekstrakurikuler bukanlah hal yang
baru. Mulai dari SD sampai perguruan tinggi, semua lapisan pendidikan pasti
mengenal kegiatan ini karena kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses yang
sistematis yang sadar didalam membudayakan warga negara muda yang agar memiliki
kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Ditingkat sekolah dasar (SD) umum nya kegiatan
ekstrakurikuler yang diselenggarakan hanyalah pramuka, kemudian pada tingkat
SMP dan SMA kegiatan ekstrakurikuler ini terus berkembang dan bertambah
jenisnya. Tidak hanya kegiatan pramuka, tetapi meliputi kegiatan-kegiatan lain
seperti palang merah remaja (PMR), seni, olahraga, keagamaa, bahkan ilmu
teknologi.
Tak sampai disana, kegiatan ekstrakurikuler juga terus
berkembang di perguruan tinggi. Selain kegiaan pramuka, dan yang lain nya
muncul pulakegiatan yang lain untuk menampung aktualisasi bakat dan minat para
mahasiswa, seperti UKM pecinta alam, UKM seni dan padus, UKM keagamaan, kelompok studi dan lain-lain.
Kegiatan ekstrakurikuler ini sudah berlangsung lama dan
diikuti para pelajar atau pun mahasiswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler ini
banyaksekali memberikan kontribusi
baik pada kepribadian
dan keterampilan para pelajar. Namun terkadang kegiatan ini juga memberikan
dampak yang menghambat tugas utama seorang pelajar, yaitu belajar di kelas.
Oleh karena itu, makalah ini sengaja saya susun untujk
mendeskripsikan dampak yang di sebabkan kegiatan ekstrakurikuler terhadap
proses belajar mengajar para pelajar khusus nya siswa SMA dan SMP IT AL-HIMMAH.
1.2 Pembatasan dan Perumusan Masalah
1.2.1 Pembatasan Masalah
Penulisan makalah ini dibatasi pada hal-hal sebagai
berikut:
1. Dampak kegiatan ekstrakurikuler
2. Dampak
positif dan negatif kegiatan
ektrakurikuler
1.2.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah dalam penulisan
makalah ini dinyatakan dalan pertayaan berikut ini :
1. Bagaimanakah
dampak yang disebabkan kegiatan ektrakurikuler terhadap pembelajaran para
santri pondok pesantren modern al-himmah?
2. Damapak
apakah yang paling dominan yang disebabkan olejh kegiatan ekstrakurikuler ini?
1.3Tujuan Penulisan
Sehubungan dengan pembatasan dan perumusan masalah yang
telah dikemukakan diatas, penulisan makalah nin bertujuan untuk mendeskripskan
hal-hal berikut :
1.
Memperoleh gambaran yang jelas berkenaan dengan
kegiatan ektrakurikuler di sekolah atau pun perguruan tinggi
2.
Mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan dari
kegiatan ekstrakurikuer terhadap pembelajaran
1.4Manfaat Hasil Penulisan
Manfaat yang bisa diambil dari penulisan makah ini sebagai
berikut :
1.
Memberikn informasi faktual yang mendetail
berkenaan dengan kegiatan ekstrakurikuler
2.
Memberikan informasi bagi santri-santri pondok
pesantren al-himmah dalam penyempurnaan strategi penyelenggaraan kegitan
ekstrakurikuler
3.
Memotivasi para santri dalam meningkatkan
kemampuan atau life skill guna menghadapi masa depan
4.
Memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam
melakukan penulisan makalah yang berjudul Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap
Proses Pembelajaran Santri Pondok Pesantren Modern Al-Himmah
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
DAMPAK
Dampak secara sederhana bisa diartikan sebagai
pengaruh atau akibat. Dalam setiap keputusan yang diambil oleh seorang atasan
biasanya mempunyai dampak tersendiri, baik itu dampak positif maupun dampak
negatif. Dampak juga bisa merupakan proses lanjutan dari sebuah pelaksanaan
pengawasan internal. Seorang pemimpin yang handal sudah selayaknya bisa
memprediksi jenis dampak yang akan terjadi atas sebuah keputusan yang akan
diambil.
Pengertian dampak menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, baik negatif
maupun positif. Sedangkan Pengertian dampak menurut para ahli adalah
sebagai berikut :
1.
OTTO SOEMARWOTO
Dampak adalah pengaruh suatu kegiatan
2.
HIRO TUGIMAN
Dampak adalah sesuatu yang bersifat objektif
3.
ARESANDI S
Dampak adalah besarnya nilai yang kita
tambahkan pada hidup atau dunia seseorang
4.
C. JOTIN KHISTY
& B. KENT LALL
Dampak merupakan pengaruh - pengaruh yang
dimiliki pelayanan angkutan umum terhadap lingkungan sekitar dan keseluruhan
kawasan yang dilayaninya
5.
SCHEMEL (1976)
Dampak adalah tingkat perusakan terhadap
tata-guna tanak lainnya yang ditimbulkan oleh suatu pemanfaatan lingkungan
tertentu
6.
HARI SABARI
Dampak adalah sesuatu yang muncul setelah
adanya suatu kejadian
2.2
PENGERTIAN EKSTRAKULIKULER
Definisi atau Pengertian Kegiatan Ekstrakurikuler sebenarnya sangat sederhana. Yakni kegiatan
diluar materi pelajaran wajib sekolah. Adapun lebih mendetailnya penggertian
ekstrakurikuler adalah sebagai berikut.
Ekstrakurikuler adalah
kegiatan yang dilakukan siswasekolah atau universitas, di luar jam
belajar kurikulum standar.
Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai
universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan
kepribadian, bakat, dan
kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara
swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu
sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat
berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan
lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
Berikut beberapa contoh ekstrakurikuler yang di
adakan di sekolah-sekolah di Indonesia:
·
Olahraga
o Bola Basket
o Bola Voli
o Futsal
o Sepak Bola
·
Beladiri
o Bulu tangkis
o Judo
o Karate
o Pencak silat
o Pecinta Alam
o Takraw
o Tarung derajat
o Taekwondo
·
Keagamaan
(Pendalaman agama)
o Kerohanian Islam
o Kerohanian Kristen
·
Kesenian /
Apresiasi / Musik
o Drum band
o Jurnalis
o Pemandu sorak
o Paduan suara
o Tari
§ Tari modern
§ Tari tradisonal
o Teater
o Vokal grup
·
Keilmuan
o Kelompok Ilmiah Remaja
§ Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Alam
§ Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Sosial
·
Komunitas
·
Information and
Communications Technology Club
o English Study Club
o English Debate Club
o Jepanese Club
·
Baris-berbaris
o Pasukan Pengibar Bendera
o Praja muda karana
·
Medis
o Palang Merah Remaja
Masih ada pengertian pengertian yang lain
seperi berikut ini
Kegiatan-kegiatan siswa di sekolah khususnya
kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan
terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan
kurikulum.[Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Teknis
Tata Cara Berorganisasi Siswa. (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat
Pembinaan Kesiswaan: Jakarta, 1985), hal. 1.]
Yang dimaksud dengan kegiatan terkoordinasi di
sini adalah kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program yang telah
ditentukan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru,
sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik.
Dengan Demikian, kegiatan ekstrakurikuler di
sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi. Kegiatan
ini bukan termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran
lainnya, bahwa dapat dilaksanakan di sela-sela penyampaian materi pelajaran,
mengingat kegiatan tersebut merupakan Bagian penting dari kurikulum sekolah.[Amal A.A, Mengembangkan Kreatifitas Anak (Pustaka
Al-Kautsar: Jakarta Timur, 2005) hal. 378]
2.3 TUJUAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ini menjadi salah satu unsur penting
dalam membangun kepribadian murid. Seperti yang tersebut dalam tujuan
pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan (1987) sebagai berikut:
- Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
- Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
- Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.[B. Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah (PT. Rineka Cipta: Jakarta 1997). hal. 272]
Dari tujuan ekstrakurikuler di atas dapat
diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi
belajar siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan
mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas dan
biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah
guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga
siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri
kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai
bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil yang
dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran ekstrakurikuler dan berdampak pada
hasil belajar di ruang kelas yaitu pada mata pelajaran tertentu yang ada
hubungannya dengan ekstrakurikuler yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran
tersebut. Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan
terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik
ekskul yang digeluti.
2.4 DAMPAK YANG DISEBABKAN OLEH EKSTRAKURIKULER
setiapkegiatan
di sekolahtentumemberikandampakkepada proses pembelajaranataupunkepadasiswanya.
Baikitudampakpositifatau pun dampaknegatif .
2.4.1 DAMPAK POSITIF KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Adapun dampak positif dari ekstrakurikuler terhadap prestasi
belajar siswaantara lain :
·
Memberikan wawasan akademik maupun non akademik.
·
Membentuk karakter siswa
·
Mengembangkan bakat siswa
·
Menunjang prestasi belajar siswa
2.4.2 DAMPAK NEGATIF KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER
Selainmemilikidampakpositif,
ekstrakurikulerjugaberdampaknegatifbagi proses pembelajaram. Dampak negatiftersebutdiantaranya
:
·
Mengurangi waktu belajar siswa
baik di rumah maupundisekolah
·
Sangatmenguras
stamina parasiswa, karenawaktuistirahatmerekadigunakanuntukkegiatanekstrakurikuler.
·
Terkadangmengganggukegiatanbelajarsiswa
di kelas.
2.5 HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN BELAJAR
2.5.1 DEFINISI BELAJAR
Pendidikan
adalah usaha sadar yang dilakukan manusia untuk mengembangkan potensi manusia
lain atau memindahkan nilai dan norma yang dimilikinya kepada orang lain dan
masyarakat. Proses pemindahan nilai dan norma itu dapat dilakukan dengan
berbagai cara diantaranya adalah pertama, melalui pengajaran; kedua, melalui
pelatihan; ketiga, melalui indroktrinasi.
Kalau dilihat
pendapat di atas, maka belajar adalah suatu proses memanusiakan manusia, dimana
hanya melalui belajar manusia dapat menemukan dirinya dalam relasinya dengan
sesama, lingkungan dan penciptanya. Melalui belajar manusia mengaktualisasikan
dirinya dengan lingkungannya sedemikian rupa sehingga kualitas hidup dan
kehidupannya menjadi makin baik.
Dari pernyataan
di atas, menunjukkan bahwa untuk memanusiakan manusia diperlukan adanya
pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya bukan hanya menjadi tanggung jawab
sekolah, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Mengenai
pendidikan di sekolah, maka proses pendidikannya tertuang dalam satuan
pendidikan yang lebih dikenal dengan sebutan kurikulum.
Selanjutnya,
kegiatan pendidikan yang didasarkan pada penjatahan waktu bagi masing-masing
mata pelajaran sebagaimana tercantum dalam kurikulum sekolah lebih kita kenal
dengan sebutan kurikuler. Sedangkan kegiatan yang di selenggarakan di luar jam
pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau diluar sekolah agar lebih
memperkaya dan memperluas wawaan pengetahuan dan kemampuan yang telah
dipelajari dari berbagai mata pelajaran dalam kurikulum. Di sebut Kegiatan
Ekstrakurikuler.
2.6 KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER DI SMA / SMP IT AL-HIMMAH
2.6.1 PROFIL SMA/SMP IT AL-HIMMAH
SMA dan SMP IT AL-HIMMAH
adalahlembagapendidikandibawahnaungan YAYASAN HIMMATULMISLIMIN yang berlokasi
di jalanrayaSukabumi-CianjurKM.13 No 9, tepatnya di
desatitsankecamatansukalarangkabupatensukabumi,
jawabarat.sekolahinidipimpinolehseorangsarjanapendidikanasal Cirebon yaitu Atang Abdul Fattah, S.Pd.
Kedua
sekolah ini berdampingan dengan lembaga pendidikan yang lain yaitu PONDOK
PESANTREN MODERN AL-HIMMAH. Pesantren yang berlokasi sama dengan SMP dan SMA IT
AL-HIMMAH ini dipimpin oleh seorang kyai sekaligus pengusaha lulusan AZHAR
UNIVERSITY, Mesir. Yang bernama KH. Dr. Asep Burhanuddin, Lc.
MBA. Dengan pimpinan harian KH.
Muhaimin Tamim, Lc.
2.6.2 EKSTRAKURIKULER DI SMP/SMA IT AL-HIMMAH
SMP dan SMA IT AL-HIMMAH merupakansekolah yang
relatif baru, jadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini
juga belum berjalan sepenuh nya. Meski begitu, ada cukup banyak ekstrakurikuler
yang sudah berjalan di sekolah ini dalam berbagai bidang seperti olahraga,
seni, keagamaan, untuk lebih rincinya mari kita perhatikan uraian selanjutnya
2.6.2.1 Olahraga
Ekstrakurikuler
yang sudah ada di SMP dan SMA IT AL-HIMMAH dalambidangolahragasampai saat ini adalah sebagai berikut:
a.
Futsal
b.
Basket
c.
Voly
Tim futsal al-himmahseringmelakukanpertandinganpersahabatanataupundiikutsertakandalamberbagaipertandingan.Baikitutingkatkota,
Sukabumi, sampaisewilayahJawa-Bali.
Adapunjadwalekstrakurikulernyaadalahsebagaiberikut.
No
|
NamaEksKul
|
Keterangan
|
WaktuPelaksanaan
|
|
Hari
|
Pukul
|
|||
1
|
Futsal
|
SMP
|
Jumat
|
16.00 - 17.30
|
|
|
SMA
|
Kamis
|
16.00 - 17.30
|
2
|
Basket
|
SMP
|
Sabtu
|
16.00 - 17.30
|
|
|
SMA
|
Sabtu
|
16.00 - 17.30
|
3
|
Voly
|
SMP
|
Kamis
|
16.00 - 17.30
|
|
|
SMA
|
Jumat
|
16.00 - 17.30
|
2.6.2.2 Kesenian
Dalambidangkesenian, Al-himmahsudahmenyelenggarakanbebrapaekstrakurikulerdiantaranya
:
a. Nasyid
b. Marawis
Dari sekianekstrakurikuler yang ada,
ekstrakurikulerbidangkesenianlah yang memberikan“nilailebih” bagi Al-himmah.Mulaidaritimnasyidnya
yang telahbisaberprestasi di kota/kabupatenSukabumi, selainitu, timmarawisataupunnasyidsering
di undangkeacara-acaradiluarsekolah, baikitu di Sukabumimaupun dikota-kotasekitarnyasepertiCianjurdan
Bogor. Hal inidiharapkandapatmelatih life skill parasiswasekaligusmenambahpengalamansiswanya.Tim
nasyid Al-himmahberlatihsetiapharikamispukul 21.00
sampaidenganselesai.Sedangkanekstrakurikulermarawisdiselenggarakansetiapharirabupukul
16.00 sampaipukul 17.30.
2.6.2.3 Keagamaan
Dalambidangkeagamaan, ekstrakurikuler yang
sudahberjalanadalahsebagaiberikut.
a. Muhadharah
b. Halaqahtarbawiyah
c. Kajiankitabkuning
Kegiataniniberisimateri-materi yang
diharapkandapatmemperluaswawasankeislamanparasiswa.AdapunwaktupelaksanaanmuhadharahadalahhariJum’atpukul
20.15sampaidenganpukul 21.15.HalaqahdilaksanakanpadahariSeninpukul 16.00
sampaidenganpukul 17.00.Dan kajiankitabkuningpadahariSelasapukul 16.00 sampai
17.00.
2.6.2.4 Gerakankepramukaan
Selaindibidangseni, ekstrakurikuler di
al-himmah yang
sudahberjalanbaikadalahgerakankepramukaan.Karenapramukamemangsudahmenjadiekskulwajibbagisetiapsekolah.
Walaupuntergolongbaru, pramuka di Al-himmahmeilikiprestasi
yang baik,
merekatelahmengikutiberbagaiajangkegiatanpramukamulaidaritingkatkecamatan,
kabupaten, provinsi,
bahkanadarencanauntukberpartisipasijugadalamperkemahannasionaldaninternasional.Pasukankhusus
Al-himmahbiasaberlatihpadaharisabtupukul 13.15 samapai 15.00.
2.6.3 SINGKRONOSASI ANTARA EKSTRAKURIKULER TERHADAP AKTIFITAS
BELAJAR SISWA AL-HIMMAH
Menuruturaian di
atasdapatkitaketahuibahwasantriPondokPesantren Modern Al-Himmahmemilikijadwal
yang sangatpadat,
sehinggadibutuhkankemandirianparasiswauntukmemanagewaktunyapribadi.Takjarangmerkamerasakelelahankarenajadwalnya
yang padatditambahlagijadwalestrakurikuler yang mengisiwaktuistirahatmereka.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Kegiatanekstrakurikuler di sekolahmemangsangat di
perlukanuntukmeningkatkan life skill danmenemukanpotensiparasiswa,
tetapikegiataninidiharapkantidakmengalihkanperhatiansiswadaritugasutamanyayaitubelajar.
Olehkarenaitudibutuhkankebijaksanaanbaikitudari guru selaku Pembina
ekstrakurikulernyamaupundarisiswaselakupesertanyadalammengaturwaktu, satmina,
dankonsentrasiparasiswa.
3.2 SARAN
Dari
kesimpulan yang didapat, penyusun
memberikan saran sebagai berikut :
1. Perluadanyapengontrolan yang
baikbagiparasiswadalammengikutiekstrakurikuler agar tidakmengganggu proses
pembelajaran yang lain.
2. Perluadanyakerjasamadarisemuapihak
(guru danmurid) untukmengefisienkanwaktudan stamina parasiswa.
3. Dalamrangkamengikutikegiatanekstrakurikulerdiharapkansiswamemaksimalkanwaktudalammengikutikegiatanterebut.
4. Murid-muridseharusnyamembagiantarawaktuekstrakurikulerdankegiatanbelajardenganbaik
agar tidakada yang terganggu.
5. Perluadanyapenelitianlebihlanjutmengenaihalini
agar bisadidapathasil yang semakinbaik.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta, 1995
Arikunto, Suharsimi, Penilaian Program
Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam,Jakarta:PT.
Raja Grafindo Persada Grafindo Persada, 2000
Nasir, A Sahilun, Peranan Pendidikan Agama
Terhadap Pemecahan Problem Remaja. Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007
Suryosubroto B, Proses Belajar Mengajar di
Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta,1997
Sumber lain
http://sman1-slo.sch.id/beta/blog-ekstrakurikuler-sekolah.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_dampak_info2123.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrakurikuler
http://irnieirindra.blogspot.com/2012/01/proposal-pengaruh-kegiatan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar