WILUJENG SUMPING

Selasa, 03 Juli 2012

MAKALAH DAMPAK EKSTRAKURIKULER


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penulisan
Di indonesia, kegiatan ekstrakurikuler bukanlah hal yang baru. Mulai dari SD sampai perguruan tinggi, semua lapisan pendidikan pasti mengenal kegiatan ini karena kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses yang sistematis yang sadar didalam membudayakan warga negara muda yang agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Ditingkat sekolah dasar (SD) umum nya kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan hanyalah pramuka, kemudian pada tingkat SMP dan SMA kegiatan ekstrakurikuler ini terus berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya kegiatan pramuka, tetapi meliputi kegiatan-kegiatan lain seperti palang merah remaja (PMR), seni, olahraga, keagamaa, bahkan ilmu teknologi.
Tak sampai disana, kegiatan ekstrakurikuler juga terus berkembang di perguruan tinggi. Selain kegiaan pramuka, dan yang lain nya muncul pulakegiatan yang lain untuk menampung aktualisasi bakat dan minat para mahasiswa, seperti UKM pecinta alam, UKM seni dan padus,  UKM keagamaan, kelompok studi dan lain-lain.
Kegiatan ekstrakurikuler ini sudah berlangsung lama dan diikuti para pelajar atau pun mahasiswa. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler ini banyaksekali memberikan kontribusi baik pada kepribadian dan keterampilan para pelajar. Namun terkadang kegiatan ini juga memberikan dampak yang menghambat tugas utama seorang pelajar, yaitu belajar di kelas.
Oleh karena itu, makalah ini sengaja saya susun untujk mendeskripsikan dampak yang di sebabkan kegiatan ekstrakurikuler terhadap proses belajar mengajar para pelajar khusus nya siswa SMA dan SMP IT AL-HIMMAH.







1.2 Pembatasan dan Perumusan Masalah
1.2.1 Pembatasan Masalah
Penulisan makalah ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut:
1.       Dampak kegiatan ekstrakurikuler
2.       Dampak positif dan negatif kegiatan ektrakurikuler
1.2.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah dalam penulisan makalah ini dinyatakan dalan pertayaan berikut ini :
1.       Bagaimanakah dampak yang disebabkan kegiatan ektrakurikuler terhadap pembelajaran para santri pondok pesantren modern al-himmah?
2.       Damapak apakah yang paling dominan yang disebabkan olejh kegiatan ekstrakurikuler ini?

1.3Tujuan Penulisan
Sehubungan dengan pembatasan dan perumusan masalah yang telah dikemukakan diatas, penulisan makalah nin bertujuan untuk mendeskripskan hal-hal berikut :
1.       Memperoleh gambaran yang jelas berkenaan dengan kegiatan ektrakurikuler di sekolah atau pun perguruan tinggi
2.       Mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan ekstrakurikuer terhadap pembelajaran
1.4Manfaat Hasil Penulisan
Manfaat yang bisa diambil dari penulisan makah ini sebagai berikut :
1.       Memberikn informasi faktual yang mendetail berkenaan dengan kegiatan ekstrakurikuler
2.       Memberikan informasi bagi santri-santri pondok pesantren al-himmah dalam penyempurnaan strategi penyelenggaraan kegitan ekstrakurikuler
3.       Memotivasi para santri dalam meningkatkan kemampuan atau life skill guna menghadapi masa depan
4.       Memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam melakukan penulisan makalah yang berjudul Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Proses Pembelajaran Santri Pondok Pesantren Modern Al-Himmah

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN DAMPAK
Dampak secara sederhana bisa diartikan sebagai pengaruh atau akibat. Dalam setiap keputusan yang diambil oleh seorang atasan biasanya mempunyai dampak tersendiri, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak juga bisa merupakan proses lanjutan dari sebuah pelaksanaan pengawasan internal. Seorang pemimpin yang handal sudah selayaknya bisa memprediksi jenis dampak yang akan terjadi atas sebuah keputusan yang akan diambil.
Pengertian dampak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat, baik negatif maupun positif. Sedangkan Pengertian dampak menurut para ahli adalah sebagai berikut :
1.      OTTO SOEMARWOTO
Dampak adalah pengaruh suatu kegiatan
2.      HIRO TUGIMAN
Dampak adalah sesuatu yang bersifat objektif
3.      ARESANDI S
Dampak adalah besarnya nilai yang kita tambahkan pada hidup atau dunia seseorang
4.      C. JOTIN KHISTY & B. KENT LALL
Dampak merupakan pengaruh - pengaruh yang dimiliki pelayanan angkutan umum terhadap lingkungan sekitar dan keseluruhan kawasan yang dilayaninya
5.      SCHEMEL (1976)
Dampak adalah tingkat perusakan terhadap tata-guna tanak lainnya yang ditimbulkan oleh suatu pemanfaatan lingkungan tertentu
6.      HARI SABARI
Dampak adalah sesuatu yang muncul setelah adanya suatu kejadian



















2.2 PENGERTIAN EKSTRAKULIKULER
Definisi atau Pengertian Kegiatan Ekstrakurikuler sebenarnya sangat sederhana. Yakni kegiatan diluar materi pelajaran wajib sekolah. Adapun lebih mendetailnya penggertian ekstrakurikuler adalah sebagai berikut.
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswasekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
Berikut beberapa contoh ekstrakurikuler yang di adakan di sekolah-sekolah di Indonesia:
·         Olahraga
o    Bola Basket
o    Bola Voli
o    Futsal
o    Sepak Bola
·         Beladiri
o    Bulu tangkis
o    Judo
o    Karate
o    Pencak silat
o    Pecinta Alam
o    Takraw
o    Tarung derajat
o    Taekwondo
·         Keagamaan (Pendalaman agama)
o    Kerohanian Islam
o    Kerohanian Kristen
·         Kesenian / Apresiasi / Musik
o    Drum band
o    Jurnalis
o    Pemandu sorak
o    Paduan suara
o    Tari
§  Tari modern
§  Tari tradisonal
o    Teater
o    Vokal grup
·         Keilmuan
o    Kelompok Ilmiah Remaja
§  Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Alam
§  Kelompok Ilmiah Remaja Ilmu Pengetahuan Sosial
·         Komunitas
·         Information and Communications Technology Club
o    English Study Club
o    English Debate Club
o    Jepanese Club
·         Baris-berbaris
o    Pasukan Pengibar Bendera
o    Praja muda karana
·         Medis
o    Palang Merah Remaja
Masih ada pengertian pengertian yang lain seperi berikut ini
Kegiatan-kegiatan siswa di sekolah khususnya kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum.[Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Teknis Tata Cara Berorganisasi Siswa. (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Kesiswaan: Jakarta, 1985), hal. 1.]
Yang dimaksud dengan kegiatan terkoordinasi di sini adalah kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru, sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik.
Dengan Demikian, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi. Kegiatan ini bukan termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran lainnya, bahwa dapat dilaksanakan di sela-sela penyampaian materi pelajaran, mengingat kegiatan tersebut merupakan Bagian penting dari kurikulum sekolah.[Amal A.A, Mengembangkan Kreatifitas Anak (Pustaka Al-Kautsar: Jakarta Timur, 2005) hal. 378]





2.3 TUJUAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan ini menjadi salah satu unsur penting dalam membangun kepribadian murid. Seperti yang tersebut dalam tujuan pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987) sebagai berikut:
  1. Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
  2. Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
  3. Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.[B. Suryobroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah (PT. Rineka Cipta: Jakarta 1997).     hal. 272]
Dari tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas dan biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran ekstrakurikuler dan berdampak pada hasil belajar di ruang kelas yaitu pada mata pelajaran tertentu yang ada hubungannya dengan ekstrakurikuler yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran tersebut. Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekskul yang digeluti.

2.4 DAMPAK YANG DISEBABKAN OLEH EKSTRAKURIKULER
setiapkegiatan di sekolahtentumemberikandampakkepada proses pembelajaranataupunkepadasiswanya. Baikitudampakpositifatau pun dampaknegatif .
2.4.1 DAMPAK POSITIF KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Adapun dampak positif dari ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswaantara lain :
·         Memberikan wawasan akademik maupun non akademik.
·         Membentuk karakter siswa
·         Mengembangkan bakat siswa
·         Menunjang prestasi belajar siswa



2.4.2 DAMPAK NEGATIF KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Selainmemilikidampakpositif, ekstrakurikulerjugaberdampaknegatifbagi proses pembelajaram. Dampak negatiftersebutdiantaranya :
·         Mengurangi waktu belajar siswa baik di rumah maupundisekolah
·         Sangatmenguras stamina parasiswa, karenawaktuistirahatmerekadigunakanuntukkegiatanekstrakurikuler.
·         Terkadangmengganggukegiatanbelajarsiswa di kelas.

2.5 HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN BELAJAR
2.5.1 DEFINISI BELAJAR
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan manusia untuk mengembangkan potensi manusia lain atau memindahkan nilai dan norma yang dimilikinya kepada orang lain dan masyarakat. Proses pemindahan nilai dan norma itu dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah pertama, melalui pengajaran; kedua, melalui pelatihan; ketiga, melalui indroktrinasi.
Kalau dilihat pendapat di atas, maka belajar adalah suatu proses memanusiakan manusia, dimana hanya melalui belajar manusia dapat menemukan dirinya dalam relasinya dengan sesama, lingkungan dan penciptanya. Melalui belajar manusia mengaktualisasikan dirinya dengan lingkungannya sedemikian rupa sehingga kualitas hidup dan kehidupannya menjadi makin baik.
Dari pernyataan di atas, menunjukkan bahwa untuk memanusiakan manusia diperlukan adanya pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Mengenai pendidikan di sekolah, maka proses pendidikannya tertuang dalam satuan pendidikan yang lebih dikenal dengan sebutan kurikulum.
Selanjutnya, kegiatan pendidikan yang didasarkan pada penjatahan waktu bagi masing-masing mata pelajaran sebagaimana tercantum dalam kurikulum sekolah lebih kita kenal dengan sebutan kurikuler. Sedangkan kegiatan yang di selenggarakan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau diluar sekolah agar lebih memperkaya dan memperluas wawaan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran dalam kurikulum. Di sebut Kegiatan Ekstrakurikuler.




2.6 KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA / SMP IT AL-HIMMAH
2.6.1 PROFIL SMA/SMP IT AL-HIMMAH
SMA dan SMP IT AL-HIMMAH adalahlembagapendidikandibawahnaungan YAYASAN HIMMATULMISLIMIN yang berlokasi di jalanrayaSukabumi-CianjurKM.13 No 9, tepatnya di desatitsankecamatansukalarangkabupatensukabumi, jawabarat.sekolahinidipimpinolehseorangsarjanapendidikanasal Cirebon yaitu Atang Abdul Fattah, S.Pd.
Kedua sekolah ini berdampingan dengan lembaga pendidikan yang lain yaitu PONDOK PESANTREN MODERN AL-HIMMAH. Pesantren yang berlokasi sama dengan SMP dan SMA IT AL-HIMMAH ini dipimpin oleh seorang kyai sekaligus pengusaha lulusan AZHAR UNIVERSITY,  Mesir. Yang bernama KH. Dr. Asep Burhanuddin, Lc. MBA. Dengan pimpinan harian       KH. Muhaimin Tamim, Lc.
2.6.2 EKSTRAKURIKULER DI SMP/SMA IT AL-HIMMAH
SMP dan SMA IT AL-HIMMAH merupakansekolah yang relatif baru, jadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini juga belum berjalan sepenuh nya. Meski begitu, ada cukup banyak ekstrakurikuler yang sudah berjalan di sekolah ini dalam berbagai bidang seperti olahraga, seni, keagamaan, untuk lebih rincinya mari kita perhatikan uraian selanjutnya
2.6.2.1 Olahraga
Ekstrakurikuler yang sudah ada di SMP dan SMA IT AL-HIMMAH dalambidangolahragasampai saat ini adalah sebagai berikut:
a.       Futsal
b.      Basket
c.       Voly
Tim futsal al-himmahseringmelakukanpertandinganpersahabatanataupundiikutsertakandalamberbagaipertandingan.Baikitutingkatkota, Sukabumi, sampaisewilayahJawa-Bali. Adapunjadwalekstrakurikulernyaadalahsebagaiberikut.
No
NamaEksKul
Keterangan
WaktuPelaksanaan
Hari
Pukul
1
Futsal
SMP
Jumat
16.00 - 17.30


SMA
Kamis
16.00 - 17.30
2
Basket
SMP
Sabtu
16.00 - 17.30


SMA
Sabtu
16.00 - 17.30
3
Voly
SMP
Kamis
16.00 - 17.30


SMA
Jumat
16.00 - 17.30


2.6.2.2 Kesenian
Dalambidangkesenian, Al-himmahsudahmenyelenggarakanbebrapaekstrakurikulerdiantaranya :
a.       Nasyid
b.      Marawis
Dari sekianekstrakurikuler yang ada, ekstrakurikulerbidangkesenianlah yang memberikan“nilailebih” bagi Al-himmah.Mulaidaritimnasyidnya yang telahbisaberprestasi di kota/kabupatenSukabumi, selainitu, timmarawisataupunnasyidsering di undangkeacara-acaradiluarsekolah, baikitu di Sukabumimaupun dikota-kotasekitarnyasepertiCianjurdan Bogor. Hal inidiharapkandapatmelatih life skill parasiswasekaligusmenambahpengalamansiswanya.Tim nasyid Al-himmahberlatihsetiapharikamispukul 21.00 sampaidenganselesai.Sedangkanekstrakurikulermarawisdiselenggarakansetiapharirabupukul 16.00 sampaipukul 17.30.
2.6.2.3 Keagamaan
Dalambidangkeagamaan, ekstrakurikuler yang sudahberjalanadalahsebagaiberikut.
a.       Muhadharah
b.      Halaqahtarbawiyah
c.       Kajiankitabkuning
Kegiataniniberisimateri-materi yang diharapkandapatmemperluaswawasankeislamanparasiswa.AdapunwaktupelaksanaanmuhadharahadalahhariJum’atpukul 20.15sampaidenganpukul 21.15.HalaqahdilaksanakanpadahariSeninpukul 16.00 sampaidenganpukul 17.00.Dan kajiankitabkuningpadahariSelasapukul 16.00 sampai 17.00.
2.6.2.4 Gerakankepramukaan
Selaindibidangseni, ekstrakurikuler di al-himmah yang sudahberjalanbaikadalahgerakankepramukaan.Karenapramukamemangsudahmenjadiekskulwajibbagisetiapsekolah.
Walaupuntergolongbaru, pramuka di Al-himmahmeilikiprestasi yang baik, merekatelahmengikutiberbagaiajangkegiatanpramukamulaidaritingkatkecamatan, kabupaten, provinsi, bahkanadarencanauntukberpartisipasijugadalamperkemahannasionaldaninternasional.Pasukankhusus Al-himmahbiasaberlatihpadaharisabtupukul 13.15 samapai 15.00.



2.6.3 SINGKRONOSASI ANTARA EKSTRAKURIKULER TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA AL-HIMMAH
Menuruturaian di atasdapatkitaketahuibahwasantriPondokPesantren Modern Al-Himmahmemilikijadwal yang sangatpadat, sehinggadibutuhkankemandirianparasiswauntukmemanagewaktunyapribadi.Takjarangmerkamerasakelelahankarenajadwalnya yang padatditambahlagijadwalestrakurikuler yang mengisiwaktuistirahatmereka.





















BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Kegiatanekstrakurikuler di sekolahmemangsangat di perlukanuntukmeningkatkan life skill danmenemukanpotensiparasiswa, tetapikegiataninidiharapkantidakmengalihkanperhatiansiswadaritugasutamanyayaitubelajar. Olehkarenaitudibutuhkankebijaksanaanbaikitudari guru selaku Pembina ekstrakurikulernyamaupundarisiswaselakupesertanyadalammengaturwaktu, satmina, dankonsentrasiparasiswa.
3.2 SARAN
Dari kesimpulan yang didapat, penyusun memberikan saran sebagai berikut :
1.      Perluadanyapengontrolan yang baikbagiparasiswadalammengikutiekstrakurikuler agar tidakmengganggu proses pembelajaran yang lain.
2.      Perluadanyakerjasamadarisemuapihak (guru danmurid) untukmengefisienkanwaktudan stamina parasiswa.
3.      Dalamrangkamengikutikegiatanekstrakurikulerdiharapkansiswamemaksimalkanwaktudalammengikutikegiatanterebut.
4.      Murid-muridseharusnyamembagiantarawaktuekstrakurikulerdankegiatanbelajardenganbaik agar tidakada yang terganggu.
5.      Perluadanyapenelitianlebihlanjutmengenaihalini agar bisadidapathasil yang semakinbaik.











Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995
Arikunto, Suharsimi, Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam,Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada Grafindo Persada, 2000
Nasir, A Sahilun, Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem Remaja. Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007
Suryosubroto B, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta,1997

Sumber lain
http://sman1-slo.sch.id/beta/blog-ekstrakurikuler-sekolah.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_dampak_info2123.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrakurikuler
http://irnieirindra.blogspot.com/2012/01/proposal-pengaruh-kegiatan.html










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar